Custom Search

Hari hiv/aids sedunia dan pria yang sembuh dari hiv/aids



Hari hiv/aid sedunia
Hai sahabat sehatpedi, hari ini tanggal 1 desember merupakan hari yang diperingati sebagai hari aids sedunia. Aids adalah penyakit autoimun yang menyebabkan menurunnya bahkan sampai tidak berfungsinya sistem imun tubuh sehingga menyebabkan seseorang gampang untuk sakit. Dan lebih parahnya, seseorang yang menderita hiv/aids akan sulit sembuh bahkan dari penyakit ringan seperti pilek atau penyakit demam biasa karena sistem imun yang menurun.

Maka dari itu sangat penting bagi diri kita untuk mengetahui apa itu penyakit hiv/aids untuk meningkatkan kesadaran akan betapa berbahayanya penyakit ini. So, check it out



Apa itu HIV?

HIV adalah virus yang secara bertahap menyerang sistem imun tubuh, yang merupakan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Jika seseorang terinfeksi dengan HIV, tubuh penderita HIV akan sulit untuk melawan infeksi dan penyakit. Virus ini menghancurkan sel darah putih didalam tubuh yang disebut T-helper dan bahayanya virus ini akan membuat salinan bentuk dirinya didalam sel darah putih. Sel T-helper juga disebut juga sebagai sel CD4.

Ada banyak strain yang berbeda dari HIV, seseorang yang terinfeksi virus HIV dapat membawa berbagai strain yang berbeda didalam tubuh mereka. Jenis strain ini diklasifikasikan dalam berbagai jenis, dengan banyak kelompok dan subtype. Dua jenis utama dari strain HIV yang sering ditemukan ialah :

-          HIV-1 : Jenis HIV paling umum yang paling sering ditemukan didunia
-          HIV-2 : Jenis HIV ini ditemukan di Afrika barat, dan bisa juga ditemukan di India atau Eropa namun ini jarang terjadi.



Fakta-fakta dasar mengenai HIV

       -          HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.

       -          Jika tidak diobati, dalam waktu 10 sampai 15 tahun dapat berkembang menjadi AIDS. Yang dimana pada saat itu HIV sudah menyebabkan kerusakan yang parah pada sistem imun tubuh.

       -          Dengan diagnosis dini dan pengobatan antiretroviral yang efektif, orang dengan HIV dapat hidup dengan normal, bahkan sehat.

       -          Virus HIV dapat ditemukan didalam cairan tubuh orang yang terinfeksi seperti : air mani, darah, cairan vagina, cairan anal, dan air susu ibu.

           -          Berdasarkan statistik di UK, cara paling sering seseorang terkena penyakit HIV ialah dengan melakukan hubungan intim anal atau vaginal tanpa menggunakan kondom
  
      -          Anda juga bisa beresiko terkena HIV apabila anda menggunakan jarum suntik yang terinfeksi HIV, transfusi darah, dari ibu ke anak selama masa kehamilan, kelahiran, dan saat menyusui anak.



Apa itu Aids?

AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh HIV. Penyakit ini dapat terbentuk apabila sistem imun tubuh seseorang sudah terlalu lemah dalam melawan berbagai infeksi didalam tubuh, dan merupakan evolusi dari penyakit HIV ketika penyakit HIV sudah sangat parah mempengaruhi tubuh seseorang. AIDS adalah tahap terakhir dari penyakit HIV yang dimana mengakibatkan tubuh tidak dapat bertahan dari berbagai macam penyakit sehingga menyebabkan berbagai penyakit yang serius. Jika penyakit ini tidak diobati dan dibiarkan begitu saja, sudah pasti akan menyebabkan kematian.

Sampai saat ini belum ada obat untuk obat HIV maupun AIDS. Namun, dengan treatment yang tepat dan dukungan dari orang sekitar, orang yang menderita HIV dapat hidup panjang dan sehat. Untuk melakukan hal ini, sangat penting untuk mengambil treatment yang benar dan efektif untuk menghindari efek samping.



Fakta-fakta dasar mengenai AIDS

       -          AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome
       
       -          AIDS juga disebut sebagai infeksi HIV lanjut atau tahap akhir dari HIV
       
       -          Seseorang dengan AIDS ada kemungkinan akan mengalami penyakit ini dalam bentuk yang sangat parah seperti : pneumonia, sariawan, infeksi jamur, TB, toksoplasmosis, dan sitomegalovirus.
       
       -         Dan juga dapat berkembang penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker dan penyakit otak
       
       -          Jumlah sel CD4 didalam tubuh seseorang mengacu pada jumlah sel T-helper didalam milliliter kubik darah. Ketika jumlah sel CD4 seseorang turun dibawah 200 sel per milliliter darah, maka dapat dikatakan bahwa HIV berevolusi menjadi AIDS.

Sungguh mengerikan sekali bukan penyakit HIV/AIDS ini. Namun, kabar gembiranya, ada 1 pasien HIV yang sembuh dari penyakit ini. Pasien yang sembuh dari penyakit HIV ini tinggal di UK dan pasien ini dikenal dengan nama Timothy Ray Brown.



Sembuh dari HIV

Timothy Ray Brown adalah orang pertama yang sembuh dari HIV. Pada awalnya Timothy adalah pasien leukemia parah di Berlin yang juga positif HIV. Ketika Timothy membutuhkan tranplantasi untuk mengobati leukemianya, dokter menemukan donor yang memiliki mutasi gen langka yang dikenal sebagai CCR5, yang dimana membuat sel manusia kebal dari HIV.

Hasil dari tranplantasi organ? Sistem kekebalan tubuh Timothy diganti dengan sistem kekebalan tubuh yang baru tanpa HIV. Dan sampai hari ini dialah satu-satunya orang yang dianggap sembuh dari penyakit HIV.

Demikianlah artikel mengenai Hari hiv/aids sedunia dan pria yang sembuh dari hiv/aids. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Salam sehat dan stay tune terus ya di blog sehatpedi.blogspot.com

0 Response to "Hari hiv/aids sedunia dan pria yang sembuh dari hiv/aids"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.