Custom Search

Anencephaly


Anencephaly adalah keadaan dimana tempurung kepala dan otak bayi yang baru lahir tidak terbentuk secara sempurna. Bayi yang tempurung kepala atau otaknya tidak terbentuk secara sempurna biasanya buta, tuli, tidak sadar, dan tidak dapat merasakan sakit. Anencephaly ini biasanya sering kali dialami bayi wanita 5 kali lebih banyak daripada bayi laki-laki.

Anencephaly disebabkan karena cacat dalam penutupan tabung saraf selama perkembangan janin. Tabung saraf adalah saluran sempit yang melipat dan menutup antara minggu ke-3 dan ke-4 untuk membentuk otak dan tulang belakang pada saat perkembangan embrio. Cacat tabung saraf dikenal juga dengan sebutan NTD ( Neural Tube Defect).

Sampai saat ini, belum ada perawatan atau metode penyembuhan untuk bayi yang terkena penyakit anencephaly, biasanya bayi yang lahir dengan anencephaly akan meninggal. Bila lahir dalam keadaan hidup, biasanya bayi akan bertahan hidup hanya dalam hitungan jam atau hari setelah itu bayi akan meninggal.

Ada beberapa metode untuk yang digunakan oleh para dokter untuk mengetahui apakah bayi  di dalam kandungan mengalami anencephaly atau tidak. Metode tersebut yakni, Alpha fetoprotein, Amniocentesis, USG, dan tes darah.

Anencephaly pada bayi terjadi karena biasanya ibu hamil mengalami defisiensi asam folat. Asam folat diperlukan untuk perkembangan janin di dalam. kandungan dan membentuk sel-sel di dalam kandungan. Sehingga sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan asam folat pada saat hamil. Kebutuhan asam folat bagi ibu hamil sebanyak 4-5 mg per hari sudah cukup untuk kebutuhan nutrisi perkembangan janin. Dan diharapkan dapat mencegah terjadinya bayi yang lahir mengalami anencephaly.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai anencephaly silahkan liat video ini  http://www.youtube.com/watch?v=6hQHLJTGdTU

Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Anencephaly"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.