Custom Search

5 cara untuk menangani cedera yang biasanya terjadi di mata



cara menangani cedera mata
Hai sahabat sehatpedi, bagaimana kabarnya? Pasti sehat selalu ya, apalagi kalau rajin mantengin blog sehatpedi setiap hari hehe. Kali ini sehatpedi akan menulis artikel mengenai kesehatan mata. Baca sampai habis ya.

Beberapa cedera mata yang umum, seperti luka tusukan mendalam dari kecelakaan, bisa memerlukan pengobatan segera atau operasi untuk mencegah kerusakan mata permanen yang dapat membuat mata menjadi buta. Sedangkan mata yang tidak sengaja kena kuku atau tercakar, mungkin hanya memerlukan pemeriksaan sederhana setelah mengunjungi dokter mata, untuk memastikan apakah terjadi komplikasi atau infeksi pada mata.

Pada artikel yang ditulis oleh sehatpedi kali ini, artikel ini bertujuan untuk memberikan anda panduan untuk cedera mata umum yang mungkin dapat membantu anda disaat yang darurat ketika terjadi sesuatu dengan mata anda atau orang disekitar anda. Perlu diingat, bahwa pencegahan terjadinya cedera mata dengan menggunakan kacamata pelindung atau kacamata mungkin merupakan langkah terbaik yang dapat anda lakukan untuk melindungi mata anda.

Berikut beberapa kondisi yang terkait dengan cedera mata dan trauma yang disusun oleh sehatpedi.blogspot.com untuk anda :


      1.      Abrasi kornea

Abrasi kornea adalah suatu kondisi dimana mata anda lecet karena benda asing. Lecet ini akan semakin parah ketika anda menggosok mata dengan menggunakan jari anda. Lecet dapat disebabkan oleh benda asing seperti debu atau pasir. Abrasi kornea sangat tidak nyaman dan membuat mata menjadi merah serta membuat mata menjadi sensitif dengan cahaya.

Jika anda mengalami abrasi kornea atau lecet dibagian kornea, sangat disarankan bagi anda untuk segera pergi mengunjungi dokter mata untuk melakukan pemeriksaan darurat dan mencari pengobatan segera untuk cedera mata anda.

Abrasi kornea dapat membuat mata anda rentan terhadap infeksi dari bakteri dan jamur. Beberapa jenis bakteri dan jamur dapat masuk kemata anda melewati kornea yang lecet dan dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius dalam waktu 1 hari dan parahnya hal ini dapat menyebabkan kebutaan. Hal ini dapat terjadi apabila benda asing yang masuk kemata anda kotor dan terkontaminasi oleh bakteri atau jamur.

Ingat juga bahwa infeksi dari cedera mata dapat disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga seperti kuku yang tanpa sengaja terbang menggores kornea mata anda atau cabang pohon yang jatuh ditiup angin kencang.

Jika mata anda ada benda asing masuk kedalamnya, sangat disarankan bagi anda untuk jangan menggosok mata anda dan jangan tutup mata anda dengan perban atau benda apapun. Bakteri sangat menyukai tempat hangat dan gelap untuk bertumbuh, dan perban yang anda gunakan untuk menutupi mata anda dapat menyediakan lingkungan yang ideal bagi bakteri bertumbuh. Sehatpedi menyarankan bagi anda untuk segera menghubungi dokter mata terdekat untuk memeriksa cedera mata seperti abrasi kornea.


      2.      Benda asing menusuk kedalam mata

Jika benda asing seperti logam atau alat pancing ikan menusuk mata anda, kunjungi segera ruang ICU terdekat yang ada dokter matanya. Jika anda mencoba untuk mengobati mata anda sendiri dengan mencabut benda asing yang menusuk mata anda atau mencoba menggosok mata anda maka wassalam. Hal tersebut sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan hal yang lebih buruk pada mata anda.

Benda asing seperti logam dapat membentuk bekas luka yang signifikan dan dapat menyebabkan karat dengan cepat. Dokter mata harus secepatnya melakukan tindakan apabila ada orang sekitar anda yang mengalami hal ini.


      3.      Busa sabun masuk kedalam mata

Busa sabun masuk kedalam mata merupakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Ketika busa sabun masuk kedalam mata maka anda akan merasakan gejala seperti iritasi, mata merah, penglihatan menurun, konjungtivitis, sensitif dengan cahaya, pH abnormal dimata, pandangan kabur, serta merasakan sensasi benda asing dimata.

Beberapa orang bahkan mengalami kesulitan untuk membaca huruf pertama yang ditunjuk oleh dokter mata ketika melakukan pengobatan untuk busa sabun yang masuk kedalam mata. Untuk sabun yang masuk kedalam mata disarankan untuk segera mencuci mata anda dengan air sampai rasa perihnya hilang. Apabila perih berlanjut segera kunjungi dokter mata terdekat.


      4.      Bahan kimia masuk kedalam mata

Terkena percikan bahan kimia selain dari air putih pada mata anda merupakan hal yang sangat menakutkan. Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan rasa terbakar dimata anda dan menyebabkan hal yang buruk pada mata anda dalam jangka waktu yang panjang. Bahan kimia yang umumnya sering menyebabkan cedera pada mata seperti :

-          Zat asam : Zat asam menyebabkan kemerahan pada mata dan rasa terbakar tetapi dapat diredakan dengan segera mencuci mata mata dengan air bersih.

-          Zat alkali : Zat alkali dapat menyebabkan hal yang lebih serius pada mata dibandingkan dari zat asam. Tetapi, zat alkali tidak menyebabkan rasa sakit dan kemerahan pada mata seketika seperti zat asam. Beberapa contoh zat alkali seperti bahan pembersih oven, toilet, dan debu kapur.

Bahan kimia masuk kedalam mata biasanya disebabkan oleh percikan zat kimia masuk kedalam mata. Selain terkena percikan, zat kimia juga dapat masuk kedalam mata anda dengan cara lain seperti ketika anda menggosok mata anda yang tidak sengaja terpapar zat kimia sebelumnya.

Apabila mata anda tanpa sengaja terpercik zat kimia, segera cari keran air hangat dan biarkan mata anda dibawah keran air selama 15 menit. Kemudian segera pergi kedokter mata untuk mendapatkan perawatan terbaik untuk mata anda. Dan beri tahu zat apa yang terpercik dimata anda sehingga dokter mata dapat melakukan terapi yang tepat.

      
      5.      Mata bengkak

Mata yang bengkak biasanya dapat disebabkan karena mata terkena benturan oleh benda tumpul. Seperti kena pukulan keras, kena bola bisbol, atau tanpa sengaja terbentur  tembok. Hal yang dapat anda lakukan segera untuk mengurangi bengkak mata anda ialah dengan kompres es. Anda mungkin melihat mata anda sedikit memar dan berwarna hitam, sangat disarankan bagi anda untuk mengunjungi dokter mata untuk memeriksa apakah ada kerusakan internal pada mata anda.

 

Demikianlah artikel mengenai 5 cara untuk menangani cedera yang biasanya terjadi di mata. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Salam sehat dan stay tune terus ya di sehatpedi.blogspot.com

0 Response to "5 cara untuk menangani cedera yang biasanya terjadi di mata"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.