Custom Search

Cara gila untuk berhenti merokok



Rokok atau dalam bahasa inggrisnya cigarette merupakan hal yang selalu dikaitkan dengan kemaskulinan dari seorang pria. Hal ini dapat kita lihat dari seringnya iklan – iklan perusahaan rokok melakukan promosi dalam produk rokok mereka dengan menggambarkan kalo merokok itu merupakan perbuatan yang laki banget. Sehingga membuat generasi bangsa Indonesia khususnya remaja pria menjadi perokok berat. Terima kasih iklan rokok J

Namun sayangnya, apa yang diperlihatkan iklan dan apa yang diperlihat dalam dunia nyata jauh berbeda sekali. Merokok ternyata tidak membuat anda menjadi laki banget, tetapi membuat anda tanpa sadar menginvestasikan tubuh anda menjadi sakit banget dihari tua anda. Sadar akan hal ini, kebanyakan orang memilih untuk berhenti merokok. Namun sayangnya, berhenti dari merokok bagaikan anak kucing yang dapat memanjat pohon tetapi tidak tau bagaimana caranya untuk turun. Dengan kata lain, berhenti merokok sulit untuk dilakukan oleh sebagian banyak orang.

Sadar akan hal itu, kami tim penulis sehatpedi.blogspot.com mencoba untuk memberikan tips bagi anda perokok yang ingin pensiun untuk menghisap rokok. Apa sajakah tips yang dapat membantu anda untuk berhenti merokok? Berikut ulasan dari sehatpedi.blogspot.com cara gila untuk berhenti merokok :


      1.       Mendeklarasikan bahwa anda berniat untuk berhenti merokok

Hal pertama yang bisa anda lakukan apabila anda ingin berhenti merokok adalah dengan cara memberi tau teman, saudara, atau orang terdekat anda bahwa anda berniat untuk berhenti merokok. Apabila orang-orang dilingkungan anda rata-rata adalah seorang perokok dengan memberi tau hal ini akan membuat mereka berhenti untuk menawarkan anda rokok ketika mereka sedang ingin merokok.

Dan dengan memberi tau orang terdekat anda bahwa anda berniat berhenti untuk merokok, akan ada orang yang pro dan kontra dengan keputusan anda tersebut. Namun hal itu sudah biasa. Orang yang pro akan membantu dan mendukung anda dalam usaha anda untuk berhenti merokok. Dan anda membutuhkan dukungan dari orang seperti ini, sehingga anda akan benar-benar terlepas dari jerat yang namanya rokok.

Sedangkan orang yang kontra mungkin akan mencibir dan mengganggu anda dalam mencapai tujuan anda dalam berhenti merokok. Namun, jangan biarkan hal itu membuat anda gagal dalam mencapai tujuan anda. Lakukan hal ini sekarang, atau selamanya anda tidak akan lepas dari jerat rokok.


      2.       Sering – seringlah minum air putih

Pada awal-awal ketika berhenti merokok mulut akan terasa asam dan memberikan sinyal bagi otak kita untuk mengambil sebatang rokok dan menyudutnya. Jangan biarkan, rasa asam dimulut anda mengalahkan niat anda untuk berhenti merokok. Segera ambillah segelas air putih untuk mengurangi rasa asam dimulut anda.

Jika anda memang niat untuk berhenti merokok. Air putih merupakan teman yang sangat baik bagi tubuh anda. Karena air putih dapat membantu dalam membuang racun dari dalam tubuh anda dan membantu dalam proses detoksifikasi didalam tubuh.


      3.       Memulai untuk berhenti dari hal yang mudah

Cara gila untuk berhenti merokok dapat anda mulai dari memberi tanda waktu dimana anda membutuhkan rokok anda. Jika anda sedang dalam kondisi stress maka anda diperbolehkan untuk merokok. Anda diperbolehkan untuk merokok namun dengan syarat bahwa jumlah rokok yang anda hisap tidak boleh sama banyak seperti anda merokok sebelum anda memutuskan untuk berhenti.

Hal ini perlu dilakukan karena, apabila anda langsung berhenti untuk merokok dalam waktu yang sekejap maka hal itu sama seperti anda sedang dalam diet dan memutuskan untuk berhenti makan sampai mencapai berat badan idaman anda. Maka dari itu, untuk berhenti merokok harus dimulai pelan-pelan yaitu cukup dengan mengurangi porsi rokok anda secara berkala. Dan mengetahui kapan kondisi yang dapat membuat anda memerlukan rokok anda.

Hal ini cukup mudah untuk dilakukan dibandingkan apabila anda langsung untuk berhenti merokok total dalam waktu sekejap.


      4.       Hindari kebiasaan untuk memancing perasaan untuk ingin merokok

Seseorang menjadi seorang perokok sering disebabkan karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Beberapa kebiasaan yang sering membuat seseorang menjadi perokok selain pergaulan adalah kebiasaan seperti minum alkohol, minum kopi, begadang dan stress. Apabila kebiasaan-kebiasaan tersebut tanpa anda sadari sering anda lakukan setiap harinya, maka tidak salah apabila anda mencoba untuk mengubah pola kebiasaan anda tersebut.
Anda dapat mengubah pola kebiasaan anda tersebut misalnya menjadi mengonsumsi buah-buahan dan mengonsumsi susu karena hal itu akan menjadi aneh apabila dikombinasikan dengan rokok. Sedangkan untuk kebiasaan stress anda tidak dapat untuk mengubah polanya karena hal itu diluar kendali dari diri kita sendiri. Maka dari itu yang dapat anda lakukan adalah menyadari waktu ketika anda stress.

Ketika anda mengalami stress anda dapat mengganti kebiasaan anda dari yang merokok melakukan hal yang lebih positif misalnya melakukan olahraga kecil didalam rumah seperti lari di treadmill atau melakukan hal positif lainnya yang dapat mengalihkan pikiran anda dari stress sehingga hal ini dapat mencegah diri anda untuk kembali merokok.


      5.       Mengganti rokok anda dengan permen

Setiap kali keinginan untuk merokok muncul, dan anda sangat ingin sekali untuk menghisap rokok dibibir anda. Segera carilah permen untuk mengganti rokok anda. permen yang dapat anda gunakan bisa berupa permen lollipop.

Demikianlah 5 cara gila untuk berhenti merokok yang dapat anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan baru bagi anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan stay tune untuk artikel baru lainnya. Salam sehat dan salam sayang

0 Response to "Cara gila untuk berhenti merokok"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.