Custom Search

7 Manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh



Bangun pagi merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan bagi sebagian besar orang. Bahkan termasuk orang yang menulis artikel ini hihi. Tapi, ada alasan mengapa bangun pagi dapat membuat anda menjadi lebih sehat, kaya, dan bijaksana. Jadi, berhentilah menekan tombol snooze di alarm hp anda dan mulailah untuk menuai semua manfaat yang bisa anda dapatkan dari bangun pagi.
                                
Apa sajakah manfaat yang bisa anda dapatkan apabila anda sering bangun pagi? Berikut ulasan sehatpedi.blogspot.com untuk anda pembaca setia blog kami. Bacalah Manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh :


      1.       Anda tidak akan pernah merasakan stress ketika bangun pagi

Ketika anda bangun siang anda akan masuk kedalam lingkaran setan yang dimana apabila hal ini menjadi kebiasaan maka hal ini dapat memicu stress didalam diri anda dan dapat membuat anda menjadi tidak sehat. Apa saja yang dapat terjadi apabila anda keseringan bangun siang? Inilah yang akan terjadi apabila anda keseringan bangun siang atau bangun terlambat :

-          Pada saat anda bangun, maka anda akan terburu –buru untuk menyiapkan diri anda untuk melakukan rutinitas harian anda. seperti pergi ke sekolah, kuliah, ataupun pergi kerja

-          Ketika anda bangun siang, maka mau tidak mau anda akan melewatkan waktu sarapan anda. Sehingga hal ini dapat membuat anda menjadi kurang bertenaga ketika melakukan aktifitas harian anda

-          Semua tugas-tugas anda yang seharusnya dapat selesai lebih cepat menjadi tertunda beberapa jam karena anda bangun siang

-          Jadwal makan siang anda bahkan makan malam anda menjadi tidak teratur

-          Ketika anda bangun siang, anda akan pulang ke rumah telat sehingga tidur lebih larut malam

-          Anda tidak akan sempat untuk menghabiskan waktu anda bersama keluarga anda bahkan bersama kolega anda

-          Anda merasa kurang tidur

-          Anda akan bangun kesiangan lagi dan mengulang hal diatas semuanya

Siklus ini akan selalu berulang ketika bangun siang menjadi kebiasaan harian anda. Sehingga dapat menyebabkan anda stress secara fisik maupun secara mental. Dengan bangun hanya beberapa jam lebih awal, anda dapat menghentikan siklus ini dan mungkin dapat mengatur aktifitas harian anda menjadi lebih baik.
      

      2.       Anda akan merasa lebih bertenaga

Prinsip Ayuwerda mengajarkan untuk bangun satu jam sebelum matahari terbit untuk menyelaraskan siklus tubuh dengan siklus matahari terbit. Hal ini juga disebut Bhrama muhurta dalam Ayuwerda, yang dimana diyakini menjadi waktu yang menguntungkan ketika perubahan signifikan dalam tingkat energi tubuh berlangsung.

Pada waktu pagi hari 1 jam sebelum matahari terbit, keadaan masih terasa sejuk , tenang, dan terasa damai. Hal ini memberikan getaran positif bagi diri anda, memberikan perasaan relaksasi setelah tidur yang baik, sehingga membuat anda menjadi lebih bertenaga.


      3.       Anda akan memiliki waktu untuk berolahraga

Orang yang sering bangun kesiangan akan selalu mengatakan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Bangun pagi-pagi dan berolahraga merupakan hal yang paling tepat anda lakukan. Karena apabila anda berolahraga di waktu seperti ini, udara masih bersih dan oksigen masih segar sehingga dapat membuat tubuh anda membakar lemak lebih banyak. Berlatih yoga juga merupakan hal yang baik untuk memulai hari anda dan dapat menyegarkan diri.


      4.       Anda akan merasa lebih bahagia

Sementara perasaan lebih bertenaga setelah berolahraga pada waktu pagi hari sendiri mungkin sudah cukup untuk membuat anda merasa bahagia sepanjang hari, ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa bangun pagi sendiri pun cukup untuk membuat anda menjadi lebih positif dan percaya diri dalam pekerjaan anda. Sehingga hal ini dapat membuat anda lebih bahagia dimasa yang akan datang. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Jurnal Emotion mencatat bahwa bangun pagi menyebabkan seseorang menjadi lebih selaras dengan pola waktu matahari terbit dan terbenam. Itulah sebabnya yang membuat mereka lebih bahagia, dan hal ini tidak akan dirasakan oleh orang yang sering bangun siang.


      5.       Anda akan menjadi lebih produktif

Waktu pagi hari merupakan waktu yang paling produktif sepanjang hari. Otak anda sudah beristirahat dengan baik dan koneksi jalur saraf anda telah dicharge pada waktu anda tidur dimalam hari. Secara mental anda akan berpikir lebih cepat dan lebih fokus dipagi hari. Apabila anda tidur lebih cepat dimalam hari dan bangun lebih pagi di pagi hari maka setengah pekerjaan penting anda akan selesai lebih cepat karena anda lebih fokus untuk mengerjakannya.


      6.       Kualitas tidur anda lebih baik

Sangat jelas, apabila anda bangun lebih pagi dan menyelesaikan semua kegiatan rutinitas anda, maka anda akan dapat tidur lebih awal. Karena anda akan merasa kelelahan yang sangat cepat pada akhir
hari, dan hal ini akan membuat anda tidur lebih cepat. Ini berarti bahwa anda harus secara sadar dapat mengatur waktu tidur harian anda, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas tidur anda.


      7.       Bangun pagi akan menurunkan resiko depresi pada diri anda

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Psychiatry and Clinical Neuroscience menunjukkan bahwa orang yang sering tidur larut malam dan bangun lebih pagi tiga kali lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan dengan orang yang tidur malam dan bangun pagi secara normal. Menurut penelitian, orang tersebut akan lebih rentan terhadap pikiran negatif dan rasa khawatir sehingga dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi.

Dengan bangun terlambat, anda tidak akan bisa mendapatkan kembali waktu anda yang telah hilang. Ini akan membuat anda merasa bahwa waktu anda diluar kendali diri anda sendiri. Orang yang selalu bangun terlambat selalu merasa kurang percaya diri untuk merencanakan hal yang baik karena mereka merasa tidak memiliki waktu. Akhirnya, anda tidak akan pernah mendapatkan perasaan puas ketika anda tidur. Dan hal ini dapat membuat anda menjadi depresi.

Demikianlah artikel mengenai 7 manfaat bangun pagi bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Salam sehat

0 Response to "7 Manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.