Custom Search

Vitamin B12



Vitamin B12 adalah salah satu vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B12 juga dikenal sebagai cobalamin, vitamin B12 diperlukan dalam proses mengubah karbohidrat, lemak dan protein dari makanan menjadi energi. Vitamin B12 juga, memiliki peran yang penting, yaitu menjaga sel-sel darah merah dalam tubuh tetap sehat dan juga mencegah penyakit jantung serta menjaga sistem kekebalan tubuh supaya berfungsi dengan maksimal. Selain itu, vitamin B12 juga digunakan untuk membuat pelindung yang menutupi semua sel-sel saraf dalam tubuh.

Fungsi yang paling penting dari vitamin B12 adalah untuk membentuk sel-sel darah merah yang sehat. Namun, tidak hanya sel darah merah saja yang memerlukan vitamin B12 untuk tetap sehat, sel lain yang ada di dalam tubuh juga memerlukan vitamin B12 untuk tetap sehat. Sel itu adalah sel darah putih, yang diantara sel lain memerlukan vitamin B12 untuk memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Semua sel-sel saraf dalam tubuh juga memerlukan vitamin B12 untuk membentuk lapisan lemak pelindung mereka. Hal ini penting untuk semua saraf terutama bagi otak. Jika kekurangan vitamin B12 dalam membuat lapisan lemak pelindung maka otak akan tidak berfungsi dengan optimal.

Menariknya, jumlah vitamin B12 yang diperlukan tubuh relatif kecil dan dibutuhkan secara teratur. Namun, vitamin B12 kurang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sendiri karena tubuh tidak dapat menyerapnya dengan mudah. Untuk membantu tubuh menyerap vitamin B12, organ di dalam perut menghasilkan faktor intrinsik yang memungkinkan vitamin B12 supaya lebih mudah diserap. Vitamin B12 hanya dapat ditemukan dalam makanan hewani seperti hati, telur, ikan dan daging tetapi kebanyakan orang mengkonsumsi jauh lebih banyak daripada yang diperlukan sehingga jumlah vitamin B12 berlebihan. Ini bukan masalah karena tubuh hanya dapat menyerap sekitar setengah dari vitamin B12 yang dikonsumsi. Hal ini juga perlu diperhatikan bahwa tubuh dapat mendaur ulang vitamin B12 apabila seseorang kekurangan vitamin B12. Namun, vegetarian atau vegan yang ketat mungkin memerlukan suplemen vitamin B12 jika mereka tidak memakan produk hewani yang mengandung vitamin B12.


Jika tubuh tidak memiliki cukup vitamin B12 maka gejala yang paling jelas terjadi adalah anemia. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki vitamin B12 yang cukup untuk membuat sel darah merah yang sehat. Anemia juga bisa disebabkan karena tubuh tidak menciptakan faktor intrinsik yang cukup untuk membantu proses penyerapan vitamin B12 yang tersedia dalam makanan yang dikonsumsi. Tubuh cenderung akan kurang membuat faktor intrinsik apabila seseorang mencapai umur 50 dan ini akan menyebabkan tubuh kurang menyerap vitamin B12 sehingga suplemen vitamin B12 mungkin dibutuhkan. Anak-anak juga berisiko anemia karena mereka mungkin tidak makan makanan yang mengandung vitamin B12. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin B12 karena bayi menyerap vitamin B12 selama kehamilan untuk tumbuh dengan baik.

0 Response to "Vitamin B12"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.