Custom Search

Atopic Dermatitis


Atopic dermatitis atau eczema adalah penyakit kulit yang sering terlihat pada bayi dan kanak-kanak. Penyakit ini menjakiti sekitar 10-30 % anak dan bayi di seluruh dunia dan biasanya mengenai anak yang keluarganya memiliki riwayat penyakit seperti asma, alergi makanan, dan alergi rhinitis.
Penyakit ini dinamakan atopic dermatitis karena kebanyakan penderitanya memberikan reaksi kulit yang didasari oleh IgE dan mempunyai kecendrungan untuk menderita asma, rhinitis, atau keduanya di kemudian hari yang dikenal sebagai allergic march.
Sekitar 70% anak dengan Atopic dermatitis mempunyai riwayat atopi dalam keluarganya seperti asma bronkial, rinitis alergi, atau atopic dermatitis. Sebagian besar anak dengan atopic dermatitis (80%) umumnya mengalami peningkatan kadar IgE total dan eosinofil di dalam darah.
Anak dengan atopic dermatitis terutama yang moderat dan berat akan berlanjut dengan asma atau rinitis alergika di kemudian hari (allergic march), dan semuanya ini member dugaan bahwa dasar dari atopic dermatitis adalah suatu penyakit atropi.

Etiologi

Atopic dermatitis adalah kelainan genetic yang kompleks yang mengakibatkan perlindungan kulit yang cacat, mengurangi respon imun yang ada di kulit, dan menyebabkan reaksi yang berlebihan dari sel T pada mikroba dan alergen pada lingkungan sekitar yang ujung-ujungnya menyebabkan inflamasi kronis pada kulit.

Gejala

Gejalan umum dari Atopic dermatitis ialah rasa gatal yang tidak putus-putus., memerahnya kulit atau inflamasi karena melepuh, adanya likenifikasi, kulit menjadi bersisik, dan adanya lesi eczema.

Diagnosis

-         Belum ada penanda kimia untuk mengetahui diagnosis
-         Pengujian laboratorium jarang diperlukan; melakukan swab pada kulit yang terinfeksi kadang-kadang bisa membantu diagnosis
-         Pengujian alergi dan radioallergosorbent tidak terlalu bermakna
-         Biopsi menunjukkan akut, subakut, atau dermatitis kronis, tanpa temuan yang spesifik

Tata laksana

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penderita atopic dermatitis secara permanen. Artinya, setiap timbul gejala, dapat diberikan obat agar gejala dapat mereda kembali, meskipun gejala-gejala dari atopic dermatitis sewaktu-waktu dapat kambuh kembali.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga membantu

0 Response to "Atopic Dermatitis"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.